Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

Bismillahirrahmanirrahim, pada kesempatan kali ini Kajiandoa.com akan membagikan bacaan ayat kursi dan artinya serta suara bacaan ayat kursi atau yang dikenal dengan murotal.

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam surat Al Baqarah, tepatnya surat Al Baqarah ayat 255. Ayatul kursi atau ayat kursi merupakan ayat yang memiliki keistimewaan tersendiri, bahkan disebut sebagai pemimpin semua ayat Al-Qur’an.

Ada banyak keutamaan ayat kursi bagi orang yang membacanya, salah satu keutamaan tersebut yaitu mendapatkan perlindungan dari berbagai gangguan baik pagi maupun petang sebagaimana hadits berikut ini :

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

Oleh karena itu, sudah sewajarnya umat islam hafal ayat kursi dan akan lebih baik lagi jika tahu arti dan maknanya.

Bagi yang belum hafal, silahkan lihat ayatnya dibawah ini dan semoga dimudahkan untuk menghafal serta mengamalkan ayat tersebut.

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

Bacaan Ayat Kursi dan Maknanya

Allaahu laa illaa huwal-hayyul-qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ard, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai’im min’ilmihii illaa bimaa syaa’a, wa si’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa laa ya’uudhuhuu hifzhuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘azhiim.

Terjemahan Ayat Kursi :

“Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada tuhan yang memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang di kehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.” (Q.S Al-Baqarah: 255)

Murotal Ayat Kursi Mp3

Berikut ini suara bacaan ayat kursi mp3 yang bisa anda download secara gratis. Semoga dengan murotal ini dapat mempermudah anda menghafal ayat kursi.

Murottal Ayat Kursi Mp3 – Muzammil Hasballah : Download

Murottal Ayat Kursi Mp3 Ahmad Naina : Download

Tilawah Ayat Kursi Mp3 Maher Al Muaiqly: Download

Keutamaan Ayat Kursi

Keutamaan Ayat Kursi

Berikut ini beberapa keutamaan ayat kursi yang bersumber dari sejumlah hadits:

Pemimpin ayat Al Quran

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al Quran ialah surat al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat al-quran yaitu Ayat Kursi (HR. Tirmidzi)

Doa mustajabah

Siapa yang membaca ayat kursi lalu berdoa, doanya akan dikabulkan Allah karena di dalam ayat kursi ada asma Allah yang paling agung, yakni al hayyu al qayyuum.

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha (HR. Ibnu Majah)

Tiga ayat yang dimaksud dalam hadits ini adalah Surat Al Baqarah ayat 255 (ayat kursi), Surat Ali Imran ayat 1-2, dan Surat Thaha ayat 111.

Kunci masuk surga

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati (HR. Thabrani)

Ayat yang paling agung

Dalam hadis dari Ubay bin Ka’b radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada beliau,

يَا أَبَا الْمُنْذِرِ، أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟

”Hai Ubay, tahukah kamu, ayat apa dalam al-Quran yang telah kau hafal, yang paling agung?”

’Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.’ Jawab Ubay.

Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menanyakan hal itu kepada Ubay. Hingga beliau menjawab,

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

”Ayat itu adalah ayat kursi: Allahu laa ilaaha illaa huwa al-hayyu al-qoyyum.”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menepuk dada Ubay, sambil bersabda,

وَاللهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

”Demi Allah, semoga engkau selalu merasa senang dengan ilmu, wahai Ubay.” (HR. Ahmad 21278, Muslim 810, Abu Daud 1460, dan yang lainnya).

Baca juga :

Demikianlah bacaan ayat kursi dan artinya serta murotal ayat kursi mp3, semoga apa yang sudah kami bagikan dalam artikel ini dapat bermafaat.

Tinggalkan komentar