Bacaan Doa Selamat Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Selamat – Assalamu’alaikum sahabat kajiandoa.com, salam jumpa. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan doa memohon keselamatan dunia dan akhirat. Namun sebelum kami bagikan, mari simak terlebih dahulu tentang anjuran berdoa.

Doa merupakan cara seorang hamba memohon kepada tuhannya. Doa adalah aktifitas ibadah yang paling agung, bahkan disebut sebagai otak’nya ibadah atau pangkalnya ibadah. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam :

“Doa adalah pangkal (otak-)nya Ibadah.” (HR. Tirmidzi)

Sebagai mahluk Allah, sudah selayaknya kita memohon kepada-Nya. Bahkan sangat dianjurkan untuk berdo’a. Berikut beberapa hadits yang mengajurkan seorang hamba untuk berdoa :

“Siapa saja yang tidak mau memohon (sesuatu) kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.” (HR Tirmidzi dari Abu Hurairah)

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah, selain daripada doa.” (HR. Ibnu Majah dan Abu Hurairah)

“Mintalah kepada Allah akan kemurahan-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).” (HR Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud)

Ketiga hadits diatas menunjukan bahwa berdoa kepada Allah merupakan sebuah keharusan. Dan doa seorang hamba pasti akan dikabulkan sebagaimana firman-Nya yang terkandung di dalam Al-Qur’an berikut :

“(Dan) Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan bagimu.” (QS. Al Mukmin : 60)

“(Dan) apabila hamba-hamba-Ku bertanya tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku.” (QS. Al Baqarah : 186)

Tak ada batasan seorang hamba memohon kepada sang pencipta selama masih dalam koridor kebaikan. Termasuk doa memohon keselamatan karena hanya Allah sajalah yang menjamin keselamatan setiap hambanya. Dan berikut ini kumpulan bacaan doa selamat :

Baca juga :

Bacaan Doa Selamat Latin dan Artinya

Bacaan Doa Selamat Arab, Latin dan Artinya

Yang pertama,

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya :

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”

Yang Kedua,

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi

Artinya :

“Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan”

Yang Ketiga,

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab

Artinya :

“Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”

Yang Keempat,

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Bacaan Doa Selamat di Dalam Al Qur’an

Kemudian yang dibawah ini adalah doa selamat yang terdapat Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat :286.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya:

“Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami,  serta  rahmatilah  kami. Kaulah  Penolong  kami,  maka  tolonglah  kami  untuk mengalahkan orang‐orang kafir.” (QS. Al‐Baqoroh: 286).

Demikianlah kumpulan bacaan doa selamat yang bisa kami sampaikan, semoga kita senantiasa diberikan keselamatan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Terimakasih sudah berkunjung di kajiandoa.com , wassalamu’alaikum.