Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Qadha Ramadhan – Puasa dibulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus ditunaikan umat muslim setiap tahunnya. Puasa ini berlangsung selama satu bulan penuh pada bulan ramadhan.

Karena harus dijalankan selama satu bulan penuh terkadang sebagian orang tidak bisa menyelesaikannya secara sempurna karena berbagai hal seperti sakit, dll. Apalagi bagi kaum hawa yang setiap bulannya mengalami menstruasi atau datang bulan yang menyebabkannya tidak boleh melakukan kegiatan ibadah seperti sholat dan puasa.

Saat ada halangan seperti contoh diatas, kita diperbolehkan untuk tidak puasa saat itu. Namun kita harus menggantinnya atau membayar hutang puasa tersebut dibulan lainnya sebelum masuk bulan ramadhan berikutnya. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala yang terkandung didalam Q.S Al-Baqarah Ayat 185, yang artinya :

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS.  Al Baqarah: 185)

Yang belum tahu jadwal puasa sunnah dan wajib di tahun 2019 silahkan baca artikel : Kalender Puasa 2019

Lantas bagaimana cara mengganti hutang puasa ramadhan?

Puasa qadha bisa dilakukan kapan saja kecuali pada hari-hari yang diharamkan untuk puasa. Cara menjalankannya sama dengan ibadah puasa pada umumnya, yang membedakan yaitu pada niat yang di khususkan untuk mengganti puasa ramadhan ketika mengalami uzhur.

Berikut ini niat puasa ganti ramadhan,

Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Doa Berbukanya

Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA

Artinya : “Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala”

Itulah niat puasa mengganti puasa ramadhan dalam bahasa arab, lantin dan terjemahannya. Mengganti atau mengqadha puasa ramadhan merupakan sebuah kewajiban yang harus segera ditunaikan sebelum datang bulan ramadhan berikutnya.

Setelah puasa, tentu yang di tunggu-tunggu adalah waktu berbuka puasa. Saat tiba waktu berbuka puasa disitu ada kebahagian tersendiri yang tidak didapatkan atau dirasakan oleh orang yang tidak menjalankan puasa. Contohnya seperti rasa senang telah mengalahkan berbagai godaan saat puasa hingga senang bisa merasakan nikmat makan dan minum lagi.

Setiap mengawali dan mengakhiri sesuatu kita di anjurkan untuk berdoa, tak terkecuali dengan puasa. Kita awali puasa dengan niat, maka kita akhiri puasa dengan niat buka puasa. Doa atau niat berbuka puasa qadha sama dengan doa berbuka puasa lainnya, berikut ini lafadz doanya.

Yang mau puasa sunnah senin kamis silahkan baca : Niat Puasa Senin Kamis

Doa Berbuka Puasa yang Benar (Shahih)

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya : “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Berikut ini dalil lengkapnya,

Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: «ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ… »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Demikianlah bacaan niat puasa qadha atau niat puasa untuk mengganti puasa ramadhan, semoga dapat bermanfaat. Silahkan berkunjung terus di Kajiandoa.com karena masih banyak pembahasan yang ingin kami sampaikan.

Tinggalkan komentar