Cara Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Bagaimana cara mengkhatamkan Al Quran di bulan ramadhan ?

Bulan ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan keberkahan, ampunan dan setiap amal kebaikan dilipat gandakan. Pada bulan ini umat islam melaksanakan puasa wajib dan berlomba-lomba mengerjakan kebaikan.

Salah satu kebaikan yang identik dengan bulan ramadhan yaitu tadarus Al Qur’an. Hampir semua masjid, mushola maupun langgar setiap malam mengumandangkan bacaan Al-Quran untuk menghatamkan bacaannya dalam satu bulan.

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa yang Benar

Tidak hanya di tempat ibadah saja, namun hampir semua umat islam berlomba-lomba untuk menghatamkan Al Qur’an selama bulan ramadhan. Karena hal tersebut banyak dari teman-teman yang mencari cara supaya bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sendiri dibulan ramadhan.

Mengetahui tata cara khatam Al Quran sendiri menurut saya sangat penting, kenapa demikian? Karena dengan mengetahui caranya kita akan lebih terjadwal sehingga lebih mudah untuk mencapai target.

Lalu bagaimana caranya? Yuk simak..

Cara Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Cara Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Untuk dapat mengkhatamkan Al Qur’an di bulan ramadhan kita perlu membuat jadwal yang harus dijalankan secara sungguh-sungguh dan disiplin. Tanpa sebuah kesungguhan dan rasa disiplin rasanya cukup sulit untuk bisa menyelesaikannya.

Sekarang silahkan mantapkan hati bulatkan tekat dan ikuti tips dibawah ini, insyaallah teman-temen dapat mengkhatamkan Al Quran sendiri di bulan ramadhan.

Tata Cara Khatam Al Quran Sendiri di Bulan Ramadhan

  • Al Quran terdiri dari 30 juz.
  • 1 Juz terdiri dari 20 halaman (10 lembar).
  • Buat target, tiap shalat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar), bisa dipilih sebelum dan sesudah shalat.
  • Sebelum shalat membaca 1 lembar dan sesudahnya membaca 1 lembar.
  • 1 hari bisa 1 juz dan dalam sebulan (30 hari) bisa dapat 30 juz.

Lebih kurang seperti itulah tips untuk khatam Al Qur’an di bulan ramadhan. Usahakan minimal 1 juz dalam sehari, apabila pada salah satu waktu sebelum maupun setelah sholat tidak mampu menyelesaikan 2 halaman sebaiknya diganti pada waktu yang lain di hari tersebut supaya tetap tercapai 1 juz dalam sehari. Misal pada waktu dzuhur tidak bisa baca Al Quran karena tuntutan kerja sebaiknya jatah 2 lembar waktu dzuhur ditambahakan pada waktu ashar atau waktu isya’.

Keutamaan mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Anjuran Mengkhatamkan Al Qur’an dalam Sebulan

Berikut ini beberapa hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang menganjurkan kita untuk khatam Al Quran dalam 1 bulan.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan dan Doa Berbukanya

Keutamaan Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Hal Ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614)

Ibnu Atsir rahimahullah menjelaskan,

أي كان يدارسه جميع ما نزل من القرآن

“yaitu mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun” ( Al-Jami’ fi Gharib Hadits, 4/64).

Artikel lain : Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir yang Shahih

Demikianlah tips cara mengkhatamkan Al Quran di bulan ramadhan yang dapat kami sampaikan melalui website Kajiandoa.com, semoga tips tersebut dapat membantu teman-teman untuk dapat khatam Al Quran sendiri dengan lebih mudah dan terjadwal.

Tinggalkan komentar