Doa Agar Hujan Berhenti

Doa Agar Hujan Berhenti – Ketika hujan, kita sangat berharap hujan tersebut akan menjadi berkah untuk semua makhluk-Nya. Memberikan air yang cukup untuk kebutuhan hidup, dan lain sebagainya.

Namun turunnya hujan bukanlah hal yang bisa dipastikan, seringkali kita tidak siap saat hujan. Jika kita berada di rumah mungkin itu tidak menjadi masalah, tapi apabila kita sedang dalam perjalanan untuk menghadiri acara penting menggunakan kendaraan roda dua dan tidak membawa jaket hujan hal tersebut tentu akan membuat kita was-was dan khawatir jika terlambat.

Atau dalam kondisi lain seperti hujan deras turun berjam-jam tidak reda tentu akan membuat kita khawatir jika terjadi banjir dan lain sebagainya.

Bacaan Doa Ketika Hujan dan Ada Petir Sesuai Sunnah

Dalam kondisi tersebut kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar hujan berhenti atau memindahkan hujan di tempat lain. Seperti yang di contohkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika hujan lebat turun di Madinah selamat satu pekan hingga membanjiri tanaman dan hewan, sehingga para sahabat meminta kepada Rasulullah untuk berdo’a supaya cuaca kembali menjadi cerah.

Dan berikut ini doa yang dibaca oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam :

Bacaan Doa Agar Hujan Berhenti

Doa Agar Hujan Berhenti

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma, hawalayna wa la‘alayna. Allahumma, ‘alal akami, wad thirobi, wa buthunil audiyyati, wa manabitis syajari.

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan membahayakan kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari 1013 & Muslim 2116).

Itulah doa agar hujan berhenti dan cuaca kembali cerah yang diajarkan Rasulullah. Dalam berdoa kita harus pasrah sepenuhnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala tentang hasilnya, akan berhenti atau tidak semua merupakan hak Allah pemilik alam semesta.

Bacaan Doa Al Mathurat / Dzikir Pagi dan Petang

Di lingkungan masyarakat masih banyak yang mempraktekan cara-cara menghentikan atau menolak turunnya hujan yang tidak sesuai dengan ajara islam seperti dengan cara membalik sapu lidi dan diatasnya ditancapi bawang merah dan bawang puith atau cara-cara lain. Semoga dengan mengetahui doa agar hujan berhenti sesuai sunnah kita bisa sama-sama mengingatkan jika menjumpai praktek-praktek yang tidak sesuai dengan syari’at islam tersebut.

Demikianlah pembahasan kita pada artikel ini, masih banyak kajian-kajian yang bisa kalian temukan dalam website kajiandoa.com jadi silahkan menjelajahinya.