Lafadz Doa Duduk diantara Dua Sujud

Doa Duduk diantara Dua Sujud – Ada delapan belas rukun sholat, salah satunya yaitu duduk diantara 2 sujud. Dalam satu kali raka’at sholat, setidaknya kita melakukan dua kali sujud dan diantara sujud tersebut dinamakan duduk diantara dua sujud.

Duduk antara dua sujud ini disebut juga dengan duduk iftirosy. Posisi duduk ini yaitu  menegakkan kaki kanan dan membentangkan kaki kiri kemudian menduduki kaki kiri. Saat duduk iftirosy ini adalah momentum kita berdoa kepada Allah Ta’ala setelah kita menyucikan asma Allah dan sebelum kita merendahkan diri kembali sebagai hamba-Nya. Berikut ini kami bagikan bacaan doa duduk iftirosy tersebut.

Bacaan Doa Duduk diantara Dua Sujud

Lafadz Doa Duduk diantara Dua Sujud

Doa duduk diatara 2 sujud yang populer dimasyarakat :

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aaifinii wa’fuanii

Artinya :

Ya Allah ampunilah aku, sayangii aku, tutuplah aib-aibku, angkatlah derajatku, berilah aku rezeki, berilah aku petunjuk, jadikanlah aku sehat, maafkanlah aku.

Doa Duduk diantara Dua Sujud yang Dibaca Rasulullah,

Dalam hadits Ibnu ‘Abbas disebutkan do’a duduk antara dua sujud yang dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.

“Robbighfirlii warahmnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii (artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku)” (HR. Ahmad 1: 371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Doa Duduk Diantara Dua Sujud Pendek,

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، رَبِّ اغْفِرْ لِي

“Robbighfirlii, Robbighfirlii (artinya: Wahai Rabbku ampunilah aku, wahai Rabbku ampunilah aku.)” (HR Ibnu Majah : 1/290 dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Aslu Sifatis Sholatin Nabi : 811).

Waktu penggunaan doa diantara 2 sujud pendek ini yaitu ketika seseorang yang sholat dalam keadaan terburu waktu, misal saat sholat qashar atau saat berjamaah namun imamnya cepat, dll. Namun jika dalam kondisi tenang, santai sebaiknya baca doa yang panjang karena doa ini mengandung makna yang dahsyat, sangat sayang untuk dilewatkan.

Doa duduk diantara dua sujud ini sifatnya sunnah, jadi kita boleh tidak membaca, namun alangkah ruginya jika kita tidak berdoa.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan kita dalam artikel ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Silahkan berkunjung kembali di Kajiandoa.com karena masih banyak kajian yang ingin kami sampaikan.