Doa Ketika Ada Angin Kencang Sesuai Sunnah

Doa Ketika Ada Angin Kencang – Salah satu tanda kekuasaan Allah dalam mengatur sesagala sesuatu yaitu adanya angin yang bertiup mengikuti irama sang pemilik. Tanpa izin dari Allah subhanahu wa ta’ala tak mungkin ada tiupan angin karena angin merupakan salah satu makhluknya.

Kadatangan angin kerap kali mambawa kabar gembari dan juga rahmat dari Allah untuk semua makhluknya. Namun, di lain waktu angin juga bisa menjadi adzab atau hukuman dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Walau begitu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita untuk mencela angin sebagaimana hadits berikut :

عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “لَا تَسُبُّوا الرِّيحَ، فَإِنَّهَا مِنْ رَوْحِ اللهِ، وَسَلُوا اللهَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّ مَا فِيهَا، وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Janganlah kalian mencaci angin, sebab angin merupakan bagian dari rahmat Allah. Mintalah kepada Allah kebaikan angin, kebaikan yang terdapat dalam angin dan kebaikan dari tujuan dikirimnya angin. Dan berlindunglah kalian kepada Allah dari keburukan angin, keburukan yang terdapat dalam angin dan keburukan dari tujuan dikirimnya angin tersebut.” (HR. Ahmad no. 21139, Adh-Dhiya’ al-Maqdisi dalam Al-Ahadits al-Mukhtarah no. 1224, At-Tirmidzi no. 2252, Ibnu Suni dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 298 dan An-Nasai dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 934. At-Tirmidzi berkata: Hadits hasan shahih)

Bacaan Doa Ketika Hujan dan Ada Petir Sesuai Sunnah

Ketika ada angin kencang, angin taufan, angin puting beliung atau angin ribut kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala memohon perlindungan dari keburukan angin. Adapun doanya sebagai berikut ini :

Doa Ketika Ada Angin Kencang Sesuai Sunnah

Doa Ketika Ada Angin Kencang Sesuai Sunnah

اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هَذِهِ الرِّيحِ، وَمِنْ خَيْرِ مَا فِيهَا، وَمِنْ خَيْرِ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذِهِ الرِّيحِ، وَمِنْ شَرِّ مَا فِيهَا، وَمِنْ شَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang terdapat dalam angin ini dan kebaikan dari tujuan dikirimnya angin ini. Dan sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang terdapat dalam angin ini dan keburukan dari tujuan dikirimnya angin ini.” (HR. Ahmad no. 21138, Adh-Dhiya’ al-Maqdisi dalam Al-Ahadits al-Mukhtarah no. 1223 dan An-Nasai dalam Amal al-Yaum wal Lailah no. 935)

Bacaan Doa Ketika Hujan dan Ada Petir Sesuai Sunnah

Demikianlah doa ketika angin kencang yang diajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya. Angin hanyalah makhluk yang kirim oleh Allah, sebagai tanda kekuasaan-Nya. Semoga kita terhindar dari angin yang menyebabkan kerusakan dan selalu diberikan angin yang membawa rahmat Allah. Aamiin

Simak terus website Kajiandoa.com karena kami akan membagikan kajian-kajian yang lebih lengkap lagi.