Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi – Dalam islam, untuk mengawali dan mengakhiri suatu perbuatan dianjurkan agar diiringi dengan doa. Doa memulai suatu perbuatan biasanya mengandung permohon perlindungan supaya apa yang dikerjakan lancar, sedangkan doa mengakhiri suata perbuatan biasanya terkandung ungkapan syukur.

Ada begitu banyak doa-doa harian yang dianjurkan bagi kita untuk mengamalkannya, salah satunya yaitu doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi. Kedua doa ini sebaiknya kita hafalkan karena setiap hari kita pasti masuk dan keluar kamar mandi. Dan kita ketahui bersama bahwa kamar mandi (wc) merupakan tempat yang kotor, menjadi salah satu tempat yang disukai oleh jin. Karena sebeb itu, sebaiknya kita mengamalkan doa masuk dan keluar kamar mandi sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun doa tersebut, yaitu :

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi / WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Doa diatas dibaca ketika masuk ke kamar mandi dan mendahulukan kaki kiri. Dalam doa tersebut kita memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan laki-laki maupun perempuan.

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi / WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

“Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.”

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa diatas dibaca ketika keluar dari kamar mandi dan mendahulukan kaki kanan. Doa ini mengandung ungkapan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Berikut ini dalil anjuran untuk berdoa ketika akan masuk dan keluar kamar mandi.

Sholawat Nariyah dan Ketumaannya

Hadist Anjuran Berdoa Saat Masuk Kamar Mandi

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:

“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau  berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan.”(HR. Bukhari)

Hadist Anjuran Berdoa Ketika Keluar Kamar Mandi

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya:

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Doa Meminum Air Zam Zam

Adab Sebelum Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Selain mengetahi doa masuk dan keluar kamar mandi atau wc, kita juga harus paham dengan adab-adab ketikan akan masuk kamar mandi, saat didalam kamar mandi, hingga keluar dari kamar mandi. Berikut ini adab-adab yang harus kita pahami dan lakukan :

1. Ketika mau masuk ke kamar mandi / WC hendaklah membaca basmalah lalu di sambung dengan doa masuk kamar mandi.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

2. Dahulukan kaki kiri.

3. Gunakan alas kaki ketika masuk kamar mandi seperti sandal jepit

5. Saat berada didalam wc/kamar mandi, tidak boleh bernyanyi atau berbicara.

6. Saat berada didalam wc/kamar mandi, dilarang membawa atau membaca Al-Qur’an

7. Ketika akan membuang hajat seperti buang air kecil atau air besar, dilarang menghadap atau membelakangi kiblat, dianjurkan arah menyamping. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika ke arah menyamping tidak memungkinkan, maka arahkan selain arah ke kiblat

8. Dilarang mengucapkan atau menjawab salam dari kamar mandi

9. Hati-hati dengan najis, ketika selesai membuang air kecil atau besar, siram sampai benar-benar bersih

10. Dianjurkan menutup kamar mandi agar tidak terlihat oleh orang lain

11. Ketika keluar kamar mandi, dahulukan kaki kanan dan membaca doa : غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”

Demikianlah pembahasan kita pada artikel doa masuk dan keluar kamar mandi sesuai sunnah, semoga dapat beramnfaat. Masih banyak doa-doa harian yang belum kami sampaikan, jadi kunjungi terus Kajiandoa.com untuk mendapatkan update artikelnya.