Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Sesuai Sunnah

Dalam islam semua aktivitas dianjurkan untuk diawali dengan berdoa, tak terkecuali ketika akan manaiki sebuah kendaraan. Dan pada kesempatan ini Kajiandoa.com akan berbagi bacaan doa naik kendaraan baik darat, udara maupun laut.

Berdoa ketika akan naik kendaraan itu sangat penting, karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan kita selain Allah subhanahu wa ta’ala. Jadi sudah sepantasnya kita berserah diri kepada Allah ta’ala, berharap akan kelancaran dan keselamatan ketika berkendara hingga sampai pada tujuan.

Lalu seperti apa doa naik kendaran tersebut, yuk simak dibawah ini.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan udara

Lafadz Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah

Saat ini ada banyak sekali jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil, kapal laut, pesawat dan lain sebagainya. Dan berikut ini doa yang dianjurkan dibaca ketika akan naik kendara secara umum (semua jenis kendaraan).

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUN

Artinya : “Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Itulah doa naik kendaraan secara umum baik kendaran darat, laut maupun udara yang dianjurkan untuk dibaca.

Contoh Kalimat Pembukaan dan Penutup Pidato Bahasa Arab

Doa Naik Kendaraan Laut

Sedangkan untuk kendara laut seperti kapal atau perahu terdapat doa khusus yang dipanjatakan Nabi Nuh ‘alaihisallam dan diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Hud Ayat 41 :

وَقَالَ ٱرْكَبُوا۟ فِيهَا بِسْمِ ٱللَّهِ مَجْر۪ىٰهَا وَمُرْسَىٰهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya”. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Hud 11:41)

Dan berikut ini doa naik kendaraan laut :

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.”

Demikianlah doa naik kendaraan sesuai sunnah, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala baik dalam perjalanan maupun saat dirumah. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman atau orang-orang sekitar anda supaya semua tahu tentang doa naik kendaraan.

Tinggalkan komentar