Doa Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya

Doa Sayyidul Istighfar – Membaca istighfar adalah cara umat muslim memohon ampun akan dosa-dosanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sebesar apapun dosa seorang hamba, jika ia bersungguh-sungguh dalam memohon ampunan insyaallah akan mendapat ampunan karena rahmat Allah subhanahu wa ta’ala jauh lebih besar. Dan kita tidak boleh berutus asa akan rahmat-Nya, sebagaimana firman berikut ini :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54)

Ayat tersebut membawa kabar gembira, bahwa semua orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan kembali ke jalan Allah maka semua dosa-dosanya akan diampuni.

Setelah meninggalakn perkara yang dilarang dan menjalankan semua perintahnya, hendaknya kita memohon ampunan dengan memperbanyak istighfar. Ada banyak jenis istghfar yang bisa kita amalkan, salah satu doa istghfar yang paling utama yaitu Sayyidul Istighfar sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam . Berikut ini lafadz Sayyidul Istighfar yang termasuk lafadz istighfar yang shahih :

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar Latin

Allahumma anta Rabbi laa ilaaha illaa anta. Khalaqtanii wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu. A’udzubika min syarri maa shana’tu. Abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bidzambii faghfirlii … fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Arti Doa Sayyidul Istighfar

Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

Download Sayyidul Istighfar Mp3 >> Download

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Ada banyak keutamaan mengamalkan doa sayyidul istighfar, salah satu keutamaan yang disampaikan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yaitu akan dimasukan di surga, sebagaimana hadits berikut :

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, menyebutkan keutamaan sayyidul istighfar,

مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوْقِنًا بِهَا ، فَمَـاتَ مِنْ يوْمِهِ قَبْل أَنْ يُمْسِيَ ، فَهُو مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوْقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

“Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga. (Muttafaq alaih).

Demikianlah doa Sayyidul Istighfar dan keutamaannya. Dalam membaca istighfar yang dimaksudkan untuk bertaubat hendakanya menghadirkan hati, baca dengan tulus dan ikhlas serta bayangkan dosa-dosa kita yang begitu banyak, kesalahan-kesalahan yang kita buat. Akui semua itu sebagai kesalahan dan bertekat untuk memperbaiki diri serta kembali kejalan Allah subhanahu wa ta’ala.

Semoga apa yang kami sampaikan dalam website Kajiandoa.com ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar