Doa Sebelum Bekerja dan Sesudah Bekerja

Doa Sebelum Bekerja dan Sesudah Bekerja – Salah satu dari delapan jalan rezeki yang terdapat didalam Al Qur’an yaitu rezeki karena usaha atau kerja.

Dalam mencari rezeki, khususnya untuk mendapatkan penghasilan (uang), pada umunya seseorang harus bekerja.

Banyak orang yang bekerja sepenuh hati demi memenuhi nafkah, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Dalam Islam, berkerja tidak hanya sebatas mengerjakan aktifitas tertentu untuk mendapatkan uang.

Bekerja akan menjadi sebuah ibadah apabila dilakukan dengan cara yang halal dengan tujuan untuk menafkahi keluarga. Nilainya pun setara dengan jihad, karena seorang yang bekerja demi keluarga tidak kenal terik dan hujan, waktu yang panjang maupun penat.

Ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan ketika bekerja, yaitu berdoa kepada Allah ta’ala supaya diberikan kemudahan dalam menjemput rezeki-Nya.

Selain mendapatkan kemudahan dengan cara berdoa, kita juga berharap mendapatkan keberkahan yang berlimpah.

Adapun doa sebelum mamulai pekerjaan bisa anda simak dibawah ini.

Doa Sebelum Bekerja

Doa Sebelum Bekerja

Berikut ini urutan doa sebelum melakukan aktifitas di kantor atau ditempat kerja supaya diberi keselamatan, kemudahan, kelancaran dan hasil yang baik.

Doa Sebelum Berangkat Kerja

Baca doa berikut ini dengan tulus dan ikhlas ketika hendak berangkat kerja,

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithoo’i ‘umrii. Alloohummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Doa Sebelum Melakukan Kegiatan Kerja

Berikut ini lafadz doa pendek sebelum bekerja :

اَللّٰهمﱠ إِنِّي اَسْئَلُكَ مِنْ خَيْرِ هٰذَا الْعَمَلِ وَخَيْرِ مَا فِيْهِ * وَأَعُوْذُ بِكَ منْ شَرِّ هٰذَا الْعَمَلِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ * إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as aluka min khairi haazal ‘amali wa khairi ma fiihi , wa a’uuzubika min sharri maa fiihi , innaka ‘alaa kulli shai in qadiir

Artinya : Ya Allah.. Aku memohon pada Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah Yang Maha Berkuasa menentukannya.

Itulah doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika akan berangkat kerja dan doa memulai aktifitas kerja. Semoga dengan doa tersebut kita bisa mendapatkan keberkahan serta ridha dari Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin..

Tidak hanya saat memulai pekerjaan saja kita dianjurkan untuk berdoa, setelah selesai bekerja pun sebaiknya kita membaca doa. Berikut ini lafadz doa setelah seharian bekerja,

Doa Setelah Kerja

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْـتَوْدِعُكَ عَمَلِيْ وَنَفْسِيْ وَتَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ

Allahumma innii astaudi’uka ‘amalii wanafsii watawakkaltu ‘alalLah

Ya Allah.. Aku serahkan pada Mu pekerjaan ku dan jiwa raga ku, dan aku bertawakkal kepada Engkau ya Allah.

Perintah Untuk Bekerja

Islam mewajibkan umatnya untuk bekerja dan melarang mereka untuk bermalas-malasan. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah mencium tangan seorang laki-laki yang kasar akibat bekerja keras. Rasulullah juga mengatakan bahwa tangan laki-laki ini tidak akan tersentuh api neraka.

Berikut ini firman Allah subhanahu wa ta’ala tentang perintah bekerja, yang artinya :

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Taubah [9]: 105).

Semoga dengan mengetahui perintah tersebut, kita semakin bersemangat bekerja dengan niat untuk beribadah kepada Allah ta’ala.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan kita tentang doa sebelum bekerja dan doa setelah bekerja sesuai sunnah. Semoga apa yang sudah kami sampikan di website Kajiandoa.com ini dapat bermanfaat.