Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur – Rasa kantuk atau mengantuk merupakan salah satu anugrah yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada manusia. Dengan adanya rasa kantuk seseorang akan mengistirahatkan sebagian besar anggota tubuhnya (tidur) supaya kembali bugar.

Dalam islam, ketika akan tidur dianjurkan untuk berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan berdoa kita menunjukan sebuah adab yang baik dan akan bernilai ibadah sebelum kesadaran kita hilang untuk sementara waktu.

Kumpulan Doa Iftitah Pendek dan Panjang Lengkap

Bagitu juga ketika bangun tidur, kita dianjurkan membaca doa sesudah tidur sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah ta’ala karena kesadaran kita telah dikembalikan lagi. Dengan adab-adab tersebut nilai tidur kita akan lebih bermanfaat.

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

Bacaan Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur merupakan doa yang populer karena termasuk doa harian yang banyak dihafal. Namun bagi yang belum hafal doa tersebut silahkan lihat dibawah ini.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

(BISMIKALLAAHUMMA AHYAA WABISMIKA AMUUT)

Artinya : “Dengan menyebut Namamu Ya Allah Aku Hidup dan dengan menyebut Namamu Aku Mati”

Bacaan Doa Bangun Tidur

Sebagai ungkapan rasa syukur telah dikembalikannya kesadaran, kita selayaknya membaca doa setelah tidur. Doa ini tidak sepopuler doa sebelum tidur, mungkin karena kebanyakan orang lupa membaca doa tersebut ketika bangun tidur. Jadi sebagai pengingat berikut ini lafadz doa bangun tidur.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR(U)

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

Niat Puasa Syawal, Waktu, Tata Cara dan Keutamaan

Demikianlah doa sebelum tidur dan doa bangung tidur lengkap dengan artinya, semoga kita senantiasa dimampukan untuk berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala sebelum maupun sesudah tidur. Karena dengan berdoa, tidur kita akan lebih bermanfaat serta mendapatkan perlindungan-Nya. Jika apa yang kami bagikan di kajiandoa.com dapat bermanfaat silahkan bagikan kepada saudara-saudara kita yang lain.

Tinggalkan komentar