Doa Setelah Adzan Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Adzan dan artinya

Doa Setelah Adzan – Dalam sehari setidaknya kita bisa mendengar 5 kali kumandang adzan, sesuai dengan waktu sholat wajib 5 waktu. Kumandang adzan memiliki hakikat yang cukup dalam, tidak hanya sekedar sebagai pengingat masuk waktu sholat melainkan sebagai panggilan dari Allah kepada hambanya untuk mendirikan sholat tepat waktu.

Sebagai orang yang beriman kita harus pahami itu, bahwa adzan merupakan seruan atau panggilan kepada semua umat muslim yang mendengarnya supaya segera menghadap kepada Allah dengan cara melaksanakan sholat wajib tepat waktu dan berjamaah. Jadi ketika kita mendengarkan seruan adzan diharapkan segera bersiap-siap untuk menuju masjid dan melaksanakan sholat berjamaah. Jangan sampai mengabaikan begitu saja ya, kecuali dalam urusan yang tidak bisa ditunda.

Selain sebagai panggilan sholat wajib 5 waktu, adzan juga digunakan pada urusan tertentu seperti ketika menyambut sang bayi lahir kedunia maka adzan akan dikumandangkan ditelinga kanan dan iqomah di kumandangkan ditelinga kiri bayi. Tentu ketika mengumandangkan adzan pada telinga bayi tidak menggunakan pengeras suara seperti ketika masuk waktu sholat. Salah satu hadits tentang mengumandangkan adzan pada telinga bayi yang baru lahir, yaitu :

Dari ‘Ubaidillah bin Abi Rofi’, dari ayahnya (Abu Rofi’), beliau berkata,

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

Aku telah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumandangkan adzan di telinga Al Hasan bin ‘Ali ketika Fathimah melahirkannya dengan adzan shalat.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

Bagaimana sahabat, sudah paham kan dengan hakikat dari adzan? Jika sudah, kita lanjutkan pembahasan kita sesuai dengan judul artikel ini.

Setelah muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) selesai mengumandangkan adzan, dianjurkan untuk membaca doa. Baik orang yang ber-adzan maupun orang yang mendengar kannya. Berikut ini bacaan doa setelah adzan lengkap dengan artinya.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Bacaan Doa Setelah Adzan Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin :

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya :

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Demikianlah pembahasan doa setelah adzan, walau hanya sedikit semoga bisa menambah pengetahuan dan ilmu kita. Jika ada yang kurang kami mohon maaf dan silahkan gali lebih dalam tentang doa sesudah adzan sesuai sunnah rasulullah. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan kunjungi terus kajiandoa.com karena ada banyak doa yang ingin kami sampaikan.