Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Shahih

Doa Setelah Wudhu – Dalam memuai sesuatu sangat di anjurkan untuk berdoa terlebih dahulu, begitu pula jika sesudah mengerjakan sesuatu. Contohnya berwudhu, jika kemarin saya sudah membagikan bacaan doa sebelum wudhu, maka artikel ini akan menjadi pelengkapnya karena saya akan membagikan bacaan doa sesudah wudhu.

Berdoa setelah wudhu memang tidak termasuk dalam rukun berwudhu, namun mengingat keutamaan dari doa dan beberapa hadits yang menerangkan doa sesudah wudhu sudah sepantasnya kita istikomah mengamalkan doa tersebut.

Berikut ini hadits yang menerangkan doa setelah berwudhu :

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ [Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.] kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja.”

Di dalam riwayat At-Tirmidzi ada tambahan doa,

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

“Allahummaj ‘alni minat tawwabiina waj’alnii minal mutathohhiriin [Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri].” 

Demikianlah hadits shahih yang menjelaskan tentang dao setelah berwudhu. Dan berikut ini bacaan doa sesudah wudhu yang benar dan shahih :

Baca juga : 

Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Benar

Bacaan Doa Setelah Wudhu yang Shahih

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj’alnî minat tawwâbîna waj’alnii minal mutathahhirîna.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).” (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)

Itulah bacaan doa setelah wudhu dalam bahasa arab, latin dan artinya. Bagi yang belum hafal silahkan dihafalkan dan di amalkan karena doa setelah wudhu merupakan sunnah yang di ajarkan oleh Rasulullah. Ikuti terus website kajiandoa.com untuk mendapatkan kajian-kajian yang lainnya.