Doa Terbebas dari Hutang Sesuai Sunnah

Doa Terbebas dari Hutang – Assalamu’alaikum, salah sejahtera semua sabat kajiandoa.com, senang sekali saya masih diberi kesempatan untuk berbagi pengetahuan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan do’a supaya terbebas dari belenggu hutang. Tentu kita ketahui hutang menjadikan kita tidak tenang, merasa gelisah, tidur pun tidak nyenyak, makan rasanya tidak enak. Bahkan hutang membuat kita hina saat siang hari dan membuat kita merasa bersedih saat malam hari.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan seseorang terbelit oleh hutang, mulai dari sulitnya ekonomi, karena tidak punya penghasilan, terlalu boros hingga menyebabkan besar pasak dari pada tiang atau dikarenakan usahanya bangkrut yang menyisakan hutang.

Perhatikan di lingkungan sekitar kita, hal tersebut pasti ada disekeliling kita atau bahkan anda sendiri yang mengalaminya saat ini? Terlilit oleh hutang memang membuat kita malu, tak jarang orang yang kabur karena hutang. Namun hal tersebut bukanlah solusi yang baik, walaupun berhasil kabur tetapi hutang tetap lah hutang. Tidak bisa membayar di dunia, akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat bahkan salah satu penghalang masuk surga.

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Lantas bagaimana? Saat terpuruk terlilit oleh hutang dan tidak tahu apalagi yang harus dilakukan, ingatlah bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu Maha Kaya, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Yang perlu dilakukan yaitu bertaubat dan berdoa agar terbebas dari lilitan hutang. Jika bersungguh-sungguh mengamalkan doa pelunas hutang disertai dengan memperbaiki ibadah, insyaallah akan dibukakan pintu rezeki untuk melunasi hutang tersebut.

Berikut ini beberapa doa melunasi hutang yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam,

Doa Terbebas dari Hutang Sesuai Sunnah

Doa Terbebas dari Hutang Sesuai Sunnah

Doa Terbebas dari hutang berikut ini dibaca ketika akan tidur :

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Doa Agar Terlepas dari Sulitnya Hutang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5)

Doa Melunasi Hutang Sebesar Gunung

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya:

Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu. (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan kata Syaikh Al Albani)

Doa Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya

Cara Mengamalkan Doa Pelunas Hutang

Tidak ada tuntunan khusus waktu pengamalan doa tersebut, namun bisa kita baca setelah selesai sholat wajib 5 waktu. Selain waktu tersebut anda bisa mengamalkan doa agar terbebas dari hutang tersebut di waktu-waktu mutajab untuk berdoa, seperti waktu sepertiga malam, setelah adzan, saat hujan dan waktu-waktu mustajab lainnya.

Demikianlah pembahasan kita dalam artikel doa supaya terbebas dari hutang, semoga dapat bermanfaat. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala selalu memudahkan urusan kita dan mengangkat segala kesulitan yang ada. Wassalamu’alaikum

Tinggalkan komentar