Doa untuk Orang Menikah Bahasa Arab Sesuai Sunnah

Pada artikel ini Admi Kajiandoa.com akan membagikan doa untuk orang menikah atau doa untuk pengantin sesuai sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Seperti yang kita ketahui bersama, menikah merupakan suatu momen spesial untuk semua orang, tidak hanya orang yang menjalankan pernikahan saja namun keluarga, saudara dan orang terdekat juga merasakan kebahagian tersebut.

Terjalinnya ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai seorang suami istri, mengundang banyak ucapan serta doa restu dari berbagai pihak terutama kedua orang tua.

Sebagai seorang tamu undangan, kita juga disunnahkan untuk mendoakan pengantin pria dan wanita supaya selalu diberi keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Lalu seperti apa doa untuk orang menikah sesuai sunnah? Berikut ini lafadz doa dan artinya :

Doa untuk Orang Menikah Bahasa Arab

Doa untuk Orang Menikah (Pengantin Baru)

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

Mendoakan Orang yang Mengundang Setelah Selesai Makan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau,

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Begitu sempurnanya syariat islam yang mengatur dengan detail setiap aktifitas kehidupan. Sehingga tidak luput pula tentang hal medoakan orang yang sudah mengundang dan mensajikan makanan untuk kita.

Adab Ketika Di Undang Ke Walimah Nikah

Berikut ini adab ketika seseorang di undang ke walimah nikah atau acara pernikahan, baik itu tetangga, kaka, adik, saudara maupun teman.

1. Memenuhi Undangan

Menghadiri undangan saudara/i muslim pada asalnya berhukum wajib. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari no. 5173).

Bahkan bagi orang yang sedang berpuasa pun tetap dianjurkan untuk memenuhi undangan tersebut.

إذا دعي أحدكم إلى طعام فليجب، فإن كان مفطراً فليطعم، وإن كان صائماً فليصل. يعني: الدعاء

Bila salah seorang diantara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan” (HR. Muslim no. 1431).

Jadi ketika kita di undang dalam acara  walimah nikah sebaiknya diusahakan untuk memenuhi undangan tersebut.

2. Mendoakan Pengantin

Selain memenuhi undangan tersebut, kita juga dianjurkan untuk mendoakan kedua mempelai agar selalu mendapatkan keberkahan dari Allah ta’ala.

Adapun lafadz do’a sudah kami tuliskan di atas.

3. Mendoakan Orang yang Mengundang Setelah Makan

Tidak hanya kepada pengantin saja, namun kita juga dianjurkan untuk mendoakan orang yang mengundang ke acara walimah nikah setelah dijamu dengan makanan. Doa ini bersifat untuk orang yang memiliki hajat.

Adapun lafadz doanya sudah kami tuliskan diatas.

Baca juga :

Demikianlah bacaan atau lafadz doa untuk orang menikah. Semoga apa yang sudah kami sampaikan pada artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan untuk kita.