Download Surat ‘Abasa Mp3

Download Surat Abasa Mp3 – Surat ‘Abasa memiliki arti yakni “Dia Bermuka Masam”, yang merupakan surat ke-80 yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Surat tersebut mempunyai 42 ayat 1 ruku, dan termasuk kedalam golongan surat Makkiyah.

Penamaan dari surat ini diambil dari bunyi salah satu kata dari ayat pertama yakni ‘Abasa . Nama lain dari surat ini adalah “A’ma” dan “Safarah”, yang pertama berada di ayat ke-2 yang berarti (Cacat Mata), dan yang kedua terletak di ayat ke-15 yang merupakan kata jamak dari “Safir” karena itu mengacu kepada malaikat-malaikat yang mencatat amal dan perbuatan manusia.

Ayat-ayat yang mansyur dari surat ini adalah ayat 34 sampai ayat 37, yang menggambarkan tentang pemandangan padang mahsyar dan menyatakan bahwa orang orang terdekat dari kerabat dekat mereka (saudara laki-laki, ayah, ibu, istri dan anak) saling melarikan diri satu sama lain.

Riwayat Diturunkannya Surat Abasa

Salah satu riwayat menyatakan bahwa Rasulullah SAW menerima serta bicara  dengan para pemuka Quraisy dan beliau mengharapkan mereka pun memeluk agama islam.

Kemudian datang  Ibnu Ummi Maktum, sahabat Rasulullah SAW. yang buta, dan meminta beliau untuk membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Namun Rasulullah SAW malah memasang muka masam dan berpaling dari Ibnu Ummi Maktum. Allah SWT kemudian menurunkan Surat Abasa sebagai bentuk teguran kepada Rasulullah SAW atas sikapnya kepada sang sahabat.

Pokok Bahasan Yang Terdapat Di Dalam Surat Abasa

  • Penjelasan tentang dalil-dalil seputar ke-Esaan Allah SWT lantas seperti surat-surat lain di dalam Al-Qur’an, ada juga penjelasan tentang keadaan umat manusia di Hari Kiamat kelak.
  • Keterangan seputar berdakwah, dimana mereka yang melakukan dakwah hendaknya diberikan penghargaan. Selain itu, terdapat juga cercaan dari Allah SWT kepada mereka yang tidak mensyukuri nikmat yang dia berikan.
  • Seperti yang telah disebutkan, surat ini juga mengandung teguran dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW yang lebih mengutamakan kepada para pembesar Quraisy daripada Ibnu Ummi Maktum.
  • Dijelaskan pula bahwa sesungguhnya Al-Qur’an merupakan sebuah peringatan.

Itu saja penjelasan singkat mengenai isi kandungan Surat Abasa dan bagi teman teman yang ingin mendownload  murottal Surat Abasa Mp3 suara merdu berikut ini sudah kami bagikan link downloadnya.

Download Surat Abasa Mp3

Download Surat Abasa Mp3 Suara Merdu

Berikut ini beberapa murottal surat ‘Abasa dari qori terbaik seluruh dunia.

Nama Qori'Link Download
Mp3 Surat Abasa Dan TerjemahannyaDownload
Syaikh Abdush SomadDownload
Syaikh As SudaisDownload
Syaikh Abdullah Al MathrudDownload
Syaikh Abu Bakar Asy SyathiriDownload
Syaikh Imad Al MansaryDownload
Syaikh Mahmud KhalilDownload
Syaikh Mishary RashidDownload
Syaikh Saad Al GhamidiDownload
Syaikh Hani Ar RifaiDownload
Syaikh Ahmed Ali Al AjmyDownload
Syaikh Muhammad AyyubDownload
Syaikh Maher Al MuaiqlyDownload
Syaikh Abdullah Ali BashfarDownload
Syaikh Suud Asy SyuraimDownload
Syaikh Shalah BukhatirDownload

Baiklah teman teman itu saja beberapa koleksi murottal yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan nantikan update terbaru jika kalian ingin menambah koleksi murottal lainnya, karena akan ada update terbaru setiap harinya jadi jangan sampai terlewat.

Murottal Lain : Download Surat An Nazi’at Mp3

Keutamaan Surat Abasa

Riwayat yang dinukil dari Nabi SAW. yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat ini, siapa saja yang membaca surat ‘Abasa, dia akan datang dihari kiamat dengan keadaan bahagia dan tersenyum.

Juga dinukil dari Imam Shadiq a.s. bahwa (siapa saja yang membaca surat ‘Abasa) disurga dia akan berada dibawah bendera dan naungan Allah dan mendapat anugerah-Nya dan ini bagi Allah adalah sebuah pekerjaan yang kecil dan mudah.

Begitu juga dinukil dari mereka bahwa Imam bersabda; “siapa saja yang membaca surat ini ketika hujan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa nya sebanyak tetesan-tetesan hujan yang turun. Dalam sebagian riwayat disebutkan khasiat dari bacaan surat ini bahwa seseorang akan aman dalam perjalanan safarnya. dan barang-barang yang hilang dapat ditemukan dengan bacaan surat ini.”

Wallahu A’lam

Tinggalkan komentar