Download Surat Adh Dhuha Mp3

Download Surat Adh Dhuha Mp3Surat Adh-Dhuhaa dalam bahasa Arab memiliki arti “Waktu matahari sepenggelahan naik” yang merupakan surat ke-93 yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Surat ini termasuk kedalam golongan surat Makkiyah atau surat yang turun dikota Mekkah.

Namanya diambil dari kata Adh-Dhuhaa atau waktu matahari sepenggelahan naik yang disebutkan di ayat pertama surat tersebu.

Waktu tersebut juga bersamaan ketika anda akan melakukan salat dhuha yang juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di dunia dan diakhirat.

Oleh karena itu Surat Adh-Dhuhaa ini sangat wajib dihafalkan agar mudah diamalkan sehingga akan memudahkan anda di dunia maupun di akhirat.

Ayat-ayat yang terdapat didalam Surat Adh-Dhuhaa memaparkan tentang Allah SWT yang tidak akan meninggalkan Nabi Muhammad SAW dan larangan untuk menghina anak yatim serta menghardik mereka yang meminta-minta.

Download Surat Adh Dhuha Mp3

Download Surat Adh Dhuha Mp3 Suara Merdu

Dibawah ini kami membagikan murottal Surat Adh-Dhuhaa Mp3 Suara merdu yang bisa kalian download dengan sangat mudah dengan cara klik link download dan bisa kalian download dengan gratis.

Nama Qori'Link Download
Misyari Rasyid al-Afasy dan TerjemahannyaDownload
Nasser Al-QatamiDownload
Abdullah al-MathrudDownload
Abdul Basit Abdus SamadDownload
Abdurrahman As SudaisDownload
Ahmed Ali Al AjmyDownload
Emad al-MansaryDownload
Muzammil HasballahDownload
Muflih SafitraDownload
Abu Bakar Asy-SyathiriDownload
Abdurrahman Al AusyDownload
Saad Al GhamidiDownload
Hasan Ali MoraibDownload
Abdullah KamelDownload
Muhammad Siddiq Al-MinshawiDownload

Murottal lain : Download Surat ‘Abasa Mp3

Keutamaan Surat Adh-Dhuha

1. Sedekah Bagi Seluruh Persendian Tubuh Manusia

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subahanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah ) adalah sedekah,setiap tahlil (ucapan lailahailallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala.” [HR. Muslim]

2. Ghanimah (Keuntungan) Yang Besar

Dari Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhma, ia berkata: Rasulullah SAW mengirim sebuah pasukan perang. Nabi SAW berkata: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!”.

Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah SAW berkata: “Maukah kalian ku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan)  nya dan cepat kembalinya?”.

Mereka menjawab: “Ya!”. Rasulallah SAW berkata lagi: “Barang siapa yang berwudhu’ , kemudian masuk kedalam masjid untuk melakukan salat Dhuhaa, dialah yang paling dekat tujuannya ( tempat perangnya) , lebih baik ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” [Shahih Al-Targhib: 666]

3. Ampunan Dosa

Siapapun yang melakukan salat dhuhaa dengan langgeng, akan diampuni dosanya dengan Allah SWT, sekalipun itu dosanya sebanyak buih di lautan.” [HR. Tirmidzi]

Sebab Diturunkannya Surat Adh-Dhuhaa

Sebab diturunkanya surat ini adalah sebagai jawaban atas hinaan dan pertanyaan yang dilontarkan kaum Kafir Mekkah pada saat itu yang menganggap bahwa Rasulullah sudah tidak diperdulikan kembali oleh Allah. Hal ini disebabkan karena pada saat itu Rasulullah sudah lama tidak menerima wahyu. Hingga akhirnya allah menurunkan surat ini untuk mempertegas bahwa dugaan mereka adalah salah besar.

Adapun Pokok-Pokok Bahasan Yang Terkandung Di Dalam Surat Adh-Dhuhaa

  • Seperti yang telah disebutkan, terdapat keterangan Allah SWT yang senantiasa memelihara Rasulullah SAW tanpa ada putusnya. Rasulullah SAW pun mendapatkan perintah untuk terus mensyukuri setiap nikmat yang diberikan.
  • Sesungguhnya umat manusia dilarang melakukan perbuatan tidak terpuji terhadap anak yatim maupun mereka yang meminta-minta. Adapula perintah untuk senantiasa membanggakan kebaikan yang telah Allah SWT anugerahkan sebagai bentuk syukur.
  • Penjelasan berupa tanda-tanda dari Allah SWT tentang Nabi Muhammad SAW serta dakwahnya akan semakin membaik dan kian mengembang.

Itu tadi kumpulan qiroah surat ad dhuha mp3 yang kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari apa yang telah kita baca dan dengarkan. Dan semoga audio ini bisa menambah semangat kita untuk terus mempelajari, mengajarkan serta mengamalkan isi kandungan ayat ayat al-Qur’an. Sekian dari saya, jangan lupa terus kunjungi kajiandoa.com karena kami selalu update di website kami.

Tinggalkan komentar