Download Surat Al Waqiah Mp3

Download Surat Al Waqiah Mp3 – Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 yang terdapat di Al Qur’an, yang dalam bahasa arab memiliki arti Hari Kiamat. 

Surat Al Waqiah termasuk golongan surat Makkiyah, yang terdiri dari 96 ayat dan diturunkan setelah surat Taha.

Sebagai umat muslim kita harus mengimani dan meyakini bahwa hari kiamat itu akan benar benar terjadi suatu hari nanti. Selain tercantum dalam rukun Iman, pembahasan tentang hari kiamat juga tercantum dalam Al Qur’an tepatnya pada surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah memiliki nama lain Idza Waqa’at. dan juga memiliki khasiat untuk memperlancar rezeki. hal ini dijelaskan pada sabda Rasulullah SAW.

“Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam,dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya”. (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Adapun Pokok Bahasan Dalam Surat Al Waqiah

  1. Peristiwa-peristiwa yang terjadi saat hari kiamat dan pemaparan yang berkaitan dengan surga dan neraka.
  2. Dijelaskan bagaimana manusia dimasa hisab. Terbagi tiga golongan , Golongan yang bersegera menjalankan kebaikan (As Shabiqun) ,Golongan kanan (Ashabul Yamiin), Golongan kiri yang celaka (Ashkhabus Syimal), serta balasan yang diterima oleh masing masing golongan.
  3. Allah SWT memberikan bantahan terhadap mereka yang mengingkari adanya Tuhan.

Download Surat Al Waqiah Mp3

Download Surat Al Waqiah Mp3

Baik untuk mempersingkat pertemuan kali ini kalian bisa pilih dan klik download link Surat Al Waqiah suara merdu dibawah dengan gratis.

Download Mp3 Surat Al Waqiah Merdu Versi Wanita

NAMA QORI’LINK DOWNLOAD
Surah Al Waqiah Maghfirah M. Hussen FullDownload
Murottal Surat Al Waqiah Maqom BayyatiDownload

Baca juga : Download Surat Al Kahfi Mp3

Fadhilah Keutamaan Surat Al Waqiah

1. Memperlancar Rezeki

Dengan membaca Surat Al Waqiah maka akan dilancarkan rezeki nya sebagaimana hadist dibawah.

“Barang siapa membaca Surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan.” (HR.Abu Syuja)

“Surat Al Waqiah merupakan surat ‘Kekayaan’ . maka bacalah Surat Al Waqiah dan ajarkanlah kepada anak anak kalian. (HR.Ibnu Murdawaih)

2. Sebagai Pengingat Kuasa Allah Serta Menambah Iman

Isi kandungan Surat Al Waqiah diantaranya adalah bahwa Allah SWT yang berkuasa di dunia dan akhirat dan tidak ada seorang pun kapan terjadinya hari kiamat. Maka dari itu kita dapat menambah keimanan kita terhadap Allah SWT dengan menghayati Surat Al Waqiah dengan membaca artinya.

3. Dapat Menjadi Pelindung Dari Kefakiran

Seperti yang diriwayatkan Abu Ubaid;

Abdullah bin Mas’ud Rodiyallahu Anhu berkata; “Saya mendengar nabi bersabda,’barang siapa membaca Surat Al Waqiah setiap malam ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.’ Ibnu Mas’ud berkata; “Aku telah memerintahkan anak perempuanku membacanya setiap malam.” (HR.Abu Ubaid dalam Fadhoil Al Qur’an)

4. Surat Al Waqiah dibaca Nabi Muhammad SAW tatkala Subuh

Jabir bin Samurah Rodiyallahu Anhu berkata; “Solat yang dikerjakan Nabi MUHAMMAD seperti yang kalian kerjakan saat ini. Namun terkadang beliau meringankan nya,Solat yang beliau kerjakan lebih ringan dari solat kalian.Dalam solat subuh beliau membacakan Surat Al Waqiah dan yang sejenisnya.

5. Surat Al Waqiah Dapat Menghindarkan Dari Sifat Lalai

Rasulullah pernah bersabda; “Barang siapa yang membaca Surat Al Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong orang yang lalai.”(HR.Ubay bin Ka’ab)

6. Pengingat Akan Kematian

Untuk tetap menjaga keimanan kita terhadap Allah SWT. dan terlindung dari kekafiran kita hendaknya membaca Surat Al Waqiah dengan hati yang terbuka sehingga kita mengingat kematian dan memperbaiki diri sebelum tiba kematian.

7. Surat Al Waqiah Membuat Rambut Rasulullah Beruban

Ibnu Abbas Rodiyallahu Anhu berkata: Abu Bakar Ash-shiddiq Rodiyallahu anhu berkata kepada Nabi Muhammad SAW: “Wahai Rasulullah,engkau telah beruban.” Beliau berkata: “Aku beruban karena surah Hud, Al Waqiah, Al Mursalad, an Naba’, dan At Takwir.” (HR.Turmudzi)

8. Mengetahui Sifat Penghuni Surga

Rasulullah Bersabda : “Sesungguhnya aku sangat  berharap kalian menjadi seperempat penghuni surga.”

9. Mengetahui Keindahan Surga

Jelas sekali dijelaskan dalam ayat ke-27 sampai 40 yang menjelaskan tentang keindahan surga.

10. Mengetahui Sifat Neraka

Dijelaskan dalam ayat ke-41 sampai 56 yang menjelaskan tentang sifat neraka dengan gamblang. “dalam (siksaan) angin yang sangat panas dan air yang mendidih(42), dan dalam naungan asap yang hitam(43).”

11. Pengingat Atas Kebenaran Al Qur’an

“maka terangkanlah kepada ku tentang api yang kamu nyalakan(dari gosokan gosokan kayu) (71), kamu kah yang menjadikan kayu itu, atau kami kah yang menjadikannya? (72).

Wallahu a’lam bish-shawabi

Semoga apa yang disampaikan diatas memberikan manfaat khusus nya untuk diri saya sendiri dan pembaca umumnya, dan juga bisa semakin meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Aamiin…

Tinggalkan komentar