Niat Puasa Daud, Hukum, Tata Cara dan Keutamaannya

Alhamdulillahirabbil’alamin, kita masih dapat berjumpa lagi di website Kajiandoa.com, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi kajian tentang puasa daud.

Adapun materi yang akan kita bahas yaitu niat puasa daud, hukum puasa daud, tata cara puasa daud, keutamaan atau manfaat puasa daud. Sebelum kita bahas niat puasa daud dan seterusnya mari kita kenali dulu apa si puasa daud.

Puasa daud adalah puasa sunnah terbaik yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Cara mengerjakan puasa ini yaitu satu hari puasa satu hari tidak, misal hari senin puasa maka hari selasa tidak selanjutnya hari rabu puasa maka hari kamis tidak, begitu seterusnya.

Bacaan Niat Puasa Daud

Bacaan Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“NAWAITU SHAUMA DAAWUDA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA”

Artinya : “Saya berniat melakukan Puasa Dawud, sunnah karena Allah Ta’ala”

Niat puasa sunnah bisa dibaca waktu malam maupun pada pagi hari selama belum melakukan hal yang dapat membatalkan puasa.

Niat Sholat Tarawih dan Witir Berjamaah

Dalil & Hukum Puasa Daud

Hukum puasa daud adalah sunnah dan kedudukannya paling baik diantara puasa sunnah lainnya. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. (HR. Bukhari)

Tata Cara Puasa Daud

Cara mengerjakan puasa daun sama dengan puasa pada umumnya, yang membedakan adalah niat dan waktu yang selang-seling. Berikut ini gambaran secara umum mengerjakan puasa sunnah maupun wajib.

  1. Niat
  2. Makan Sahur
  3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan
  4. Berbuka

Catatan :
Puasa daud hanya boleh dikerjakan untuk orang yang benar-benar mampu Apabila ingin menjalakannya lebih baik awali dulu dengan puasa senin kamis, jika sudah terbiasa tambah dengan puasa ayyamul bidh. Ketika sudah terbiasa dengan kedua puasa sunnah tersebut setiap bulannya baru meningkat ke puasa daud.

Keutamaan Puasa Daud

  • Puasa sunnah paling utama
  • Puasa sunnah yang paling dicintai Allah
  • Tidak berlebih-lebihan dalam beribadah
  • Sebagai bentuk ketaatan tehadap Allah SWT

Demikianlah pembahasan atau kajian kita tentang niat puasa daud, hukum puasa daud, cara mengerjakan puasa daud dan manfaat puasa daud. Semoga apa yang kamu tulis dalam website ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar