Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Niat Puasa Senin Kamis – Assalamualaikum, ijinkan kami berbagi. Ada banyak amalan sunnah yang bisa ditunaikan oleh seorang muslim untuk menambah pundi-pundi amalnya. Salah satu ibadah sunnah populer yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam yaitu puasa senin kamis. Dan pada kesempatan kali ini kajiandoa.com akan berbagi bacaan niat puasa senin kamis beserta doa berbukanya. Semoga apa yang akan kami tuliskan pada artikel ini dapat membantu teman-teman muslim yang belum tahu bagaimana lafadz niat puasa sunnah senin kamis tersebut.

Puasa senin kamis merupakan puasa sunnah yang dikerjakan pada hari senin dan hari kamis. Puasa sunnah ini sangat dianjurkan untuk semua umat muslim karena ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Tentu ada alasan kenapa puasa sunnah tesebut dilakukan pada hari senin dan kamis bukan pada hari lainnya. Hal tersebut dijawab melalui sabda Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam yang tertulis dalam beberapa hadits, diantaranya :

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim)

Dan tahukah jika amalan puasa itu sangat istimewa dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala? Bagi orang-orang yang mengerjakan puasa sunnah maupun puasa wajib, pahala yang di dapat akan diberikan Allah langsung. Sebagaimana hadits berikut ini :

Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Itulah keutamaan puasa, semoga dengan mengetahui hal tersebut dapat menambah motivasi kita untuk istikomah mengerjakan amalan puasa terutama puasa senin kamis.

Nah, bagi teman-teman yang ingin menunaikan puasa senin kamis, berikut ini kami tuliskan bacaan atau lafadz niat puasa senin kamis arab latin lengkap dengan artinya.

Baca juga :

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Demikianlah niat puasa senin kamis , semoga bagi anda yang ingin melaksanakan puasa sunnah tersebut dipermudah serta medapatkan pahala yang sempurna.

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, menahan semua nafsu tentu hal yang membahagiakan yaitu ketika berbuka puasa. Inilah saat paling membahagiakan yang tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang tidak menjalani puasa.

Saat akan berbuka puasa seyogyanya kita panjatan doa terlebih dahulu sebelum membatalkan atau menyentap hidangan berbuka puasa. Adapun niat berbuka puasa senin kamis sama halnya dengan niat berbuka puasa pada saat ramadhan. Berikut ini niat buka puasa yang kami tulis dalam bahasa arab berserta latin dan artinya.

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZKQIKA AFTHARTU, DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL ‘URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYAA ALLAAH.

Artinya :

Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala

Demikianlah artikel niat puasa senin kamis dan doa berbukanya yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. Jika ada kekeliruan dalam penulisan maupun penyampaian, kami memohon ampun pada Allah subhanahu wa ta’ala dan mohon maaf kepada semuanya. Silahkan tinggalkan kritik atau koreksi hal yang perlu kami benahi. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan komentar