Niat Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba’diyah

Setelah kemarin saya membagikan artikel bacaan sholat lengkap, pada kesempatan ini saya akan membagikan kajian tentang niat shalat sunnah rawatib yang terdiri dari niat sunnah sholat qobliyah dan niat sholat sunnah ba’diyah.

Sholat sunnah qobliyah adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat fardhu. Sedangkan sholat sunnah ba’diyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholah fardhu.

Tuntunan Bacaan Sholat Lengkap

Jumlah Raka’at Shalat Rawatib

Jumlah total sholat sunnah rawati sehari semalam yaitu 10 raka’at atau 12 raka’at yang dikerjakan pada waktu-waktu berikut ini :

  • 4 atau 2 raka’at sebelum sholat dzuhur
  • 2 raka’at setelah sholat dzuhur
  • 2 raka’at setelah sholat maghrib
  • 2 raka’at setelah sholat isya
  • 2 raka’at sebelum sholat subuh

Berikut ini dalil tentang jumlah rakaat sholat sunnah rawatib :

Dalil yang menyatakan shalat sunnah rawatib 10 raka’at diriwayatkan oleh Bukhori.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ – رضى الله عنهما – قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – عَشْرَ رَكَعَاتٍ, رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِى بَيْتِهِ ، وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ

Artinya :

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata: “Telah aku hapal dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam 10 raka’at; 2 raka’at sebelum Zhuhur, 2 raka’at setelahnya, 2 raka’at setelah Maghrib di rumahnya, 2 raka’at setelah Isya’ di rumahnya dan 2 raka’at sebelum shalat shubuh”. (Hadits riwayat Bukhari)

Sedangkan dalil yang menyatakan jumlah sholat sunnah 12 raka’at diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahihut Tirmidzi.

عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صَلَّى فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ »

Artinya :

Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang shalat di dalam sehari dan semalam 12 raka’at maka dibangunkan baginya sebuah rumah di dalam surga, (12 raka’at tersebut) adalah 4 raka’at sebelum Zhuhur, 2 raka’at setelahnya, 2 raka’at setelah Maghrib, 2 raka’at setelah Isya’ dan 2 raka’at sebelum Fajar“. Hadits riwayat Tirmidzi (no. 414) dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahihut Tirmidzi (1/131)

Yang membedakan kedua dalil tersebut yaitu sholat sunnah rawatib sebelum dzuhur. Kita bisa memilih salah satu diantaranya, jika mampu mengerjakan yang 4 rakaat sebaiknya pilih yang 4 rakaat, namun jika tidak bisa ya pilih yang 2 rakaat.

Sekali salam atau 2 kali salam jika mengerjakan 4 rakaat sebelum sholat dzuhur?

As-Syaikh Muhammad bin Utsaimin rahimahullah berkata: “Sunnah Rawatib terdapat di dalamnya salam, seseorang yang sholat rawatib empat rakaat maka dengan dua salam bukan satu salam, karena sesungguhnya nabi bersabda: “Sholat (sunnah) di waktu malam dan siang dikerjakan dua rakaat salam dua rakaat salam”. (Majmu’ Fatawa As-Syaikh Al-Utsaimin 14/288)

Cara mengerjakan sholat rawatib sama dengan sholat sunnah pada umumnya, yang membedakan yaitu pada niat dan waktu pengerjaan. Dan berikut ini niat sunnah rawatib qobliyah dan ba’diyah.

Niat Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba'diyah

Niat Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba’diyah

Niat Shalat Sunnah Qobliyah Dzuhur (sebelum sholat dzuhur)

Niat Shalat Sunnah Qobliyah Dzuhur

“Ushallii sunnatazh zhuhri rak’ataini Qabliyyatan lillaahita’aalaa”

Artinya : “Aku niat shalat sunnah qabliyyah Dzuhur 2 raka’at karena allah ta’ala”

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah Dzuhur (sesudah sholat dzuhur)

Niat Shalat Sunnah Ba'diyah Dzuhur

“Ushallii sunatazh Dzuhri rak’ataini ba’diyyatan lillaahita’aalaa”

Artinya : “Aku niat shalat sunnah ba’diyyah zhuhur 2 raka’at karena allah ta’ala”

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib (sesudah sholat maghrib)

Niat Shalat Sunnah Ba'diyah Maghrib

“Ushallii sunnatal maghribi rak ataini ba’diyyatan lillaahita’aalaa”

Artinya : “Aku niat shalat sunnah ba’diyyah maghrib 2 raka’at karena allah ta’ala”

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah Isya (sesudah sholat isya)

Niat Shalat Sunnah Ba'diyah Isya

“Ushallii sunnatal isyaa’i rak’ataini ba’diyyatan lillaahita’aalaa”

Artinya : “Aku niat shalat sunnah ba’diyyah isya 2 raka’at karena allah ta’ala”

Niat Shalat Sunnah Qobliyah Subuh (sebelum sholat subuh)

Niat Shalat Sunnah Qobliyah Subuh

“Ushallii sunnatash shubhi rak’ataini Qabliyyatan lillaahita aalaa”

Artinya : “Aku niat shalat sunat Qabliyyah subuh 2 rakaat karena allah ta’ala”

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 2019

Demikianlah bacaan niat shalat sunnah rawatib lengkap dengan dalil-dalilnya, semoga kita senantiasa dipermudah untuk menjalaknannya karena ada banyak manfaat yang bisa didapat. Kunjungi terus Kajiandoa.com karena masih banyak kajian yang ingin kami sampaikan.

Tinggalkan komentar