Tata Cara Shalat Istikharah : Niat, Doa, Waktu dan Keutamaan

Dihadapkan pada dua pilihan atau lebih yang sama pentingnya akan membuat kita merasa bimbang, kalau bahasa jaman now bikin galau. Hehe

Pilihan tersebut bisa soal jodoh, pekerjaan, hingga sulitnya mengambil keputusan iya atau tidak. Contohnya ketika hati bimbang soal jodoh, antara yakin dan tidak menikah dengan si A. Atau soal pekerjaan, ketika ada 2 orang yang menawarkan pekerjaan secara bersamaan dipurasahaan yang sama kualitasnya.

Pasti hal-hal tersebut akan membuat kita bingung, bimbang hingga galau.

Namun disinilah indahnya islam, kita diberikan sarana untuk memohon petunjuk kepada sang pencipta yang maha mengetahui. Caranya dengan melaksanakan sholat sunnah istikharah, berharap mendapatkan petunjuk tentang perkara yang baik dan benar untuk kita, sebab kebenaran hakiki hanya Allah yang tahu. Sebagaimana firman Allah ta’ala berikut ini :

 ٱلۡحَقُّ مِن رَّبِّكَ‌ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡمُمۡتَرِينَ

Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (QS. Al Baqoroh : 147)

Petunjuk tersebut bisa berupa kemudahan saat mengerjakannya atau kemantapan hati saat memilih salah satu dari dua perkara tersebut.

Bagi suadara-saudara yang ingin mengerjakan shalat istikharah namun belum tahu caranya silahkan simak penjelasan yang akan kami sampaikan di website kajiandoa.com ini.

Beberapa point yang akan kami jelaskan diantaranya pengertian shalat istikharah, niat sholat istikharoh, tata cara sholat istikharoh, doa sholat istikharah hingga keutamaan sholat istikharah.

 Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap

Pengertian Shalat Sunnah Istikharah

Shalat Istikharah adalah sholat yang disunnahkan untuk dikerjakan umat muslim ketika dihadapkan beberapa pilihan dan merasa bimbang ketika memilihnya dengan harapan mendapatkan petunjuk dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Bagi orang yang beriman, sholat sunnah ini sangat penting, karena hanya Allah ta’ala sajalah tempat terbaik untuk memohon pertolongan.

Waktu Pelaksanaan Shalat Istikharah

Berdasarkan informasi yang kami cari, tidak ada waktu khusus untuk melaksanakan shalat sunnah istikharah. Jadi anda bisa menunaikan sholat istikharah kapan saja selain pada waktu-waktu yang dilarang sholat. Namun alangkah baiknya menjalankan sholat istikharah pada waktu sepertiga malam.

Niat Shalat Istikharah

Niat adalah kunci dari amal, jika salah niat maka bisa dipastikan tidak akan sampai pada tujuan. Berikut ini niat shalat sunnah istikharah.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USSHOLLI SUNNATAN ISTIKHOROTI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya :“Saya berniat sholat sunnat istikhoroh dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Itulah lafadz niat sholat sunnah istikharah. Niat adalah amalan hati, sebaiknya dibaca dalam hati dan benar-benar menghadirkan hati kita.

Doa Shalat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.”

Doa Untuk Kedua Orang Tua Sesuai Sunnah

Jumlah Rakaat Shalat Istikharah

Shalat istikharah berapa rakaat ? Jumlah rakaat sholat sunnah istikharah minimal 2 raka’at 1 salam, sedangkan untuk maksimalnya semampu kita. Namun ada beberapa sumber yang mengatakan maksimal 12 rakaat (akan kami perdalam lagi).

Tata Cara Shalat Istikharah

Cara melaksanakan sholat sunnah istikharah sama dengan cara sholat sunnah 2 rakaat pada umumnya seperti sholat tahajud atau sholat dhuha, yang membedakan adalah dari niat sholatnya.

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara praktis:

1. Niat
2. Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan doa iftitah
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat dalam Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah karena Allah
6. I’tidal dengan tuma’ninah karena Allah
7. Sujud dengan tuma’ninah karena Allah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam

Bagi yang belum tahu bacaan-bacaan yang ada didalam sholat silahkan baca : Tutunan Bacaan Sholat

Setelah salam sebaiknya dilanjutkan dengan doa sholat istikharah yang sudah kami bagikan diatas.

Apakah ada bacaan khusus ketika shalat istikharah?

Menurut Al-Allamah Zainuddin Al-Iraqi tidak ada bacaan surat tertentu ketika melaksanakan sholat istikhawah, jadi anda bisa membaca surat-surat yang dihafal dari Al Qur’an.

Demikianlah tata cara sholat istikharah lengkap dengan doa setelah sholat istikharah, semoga yang masih dihadapkan dengan kebimbangan bisa segera mendapatkan petunjuk atau kemantapan hati setelah bermunajat kepada Allah ta’ala. Aamiin