Sholawat Nariyah dan Ketumaannya

Sholawat Nariyah – Bersholawat kepada rasululllah merupakan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Bukan hanya sekedar perintah, melaikan Allah dan malaikat juga bersholawat kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana firman berikut ini :

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .” (QS. Al-Ahzab : 56)

Ada banyak jenis sholawat, salah satu yang paling populer di Indonesia yaitu sholawat nariyah. Bagi umat muslim khususnya yang menganut Madzhab Syafi’e tentu sudah tidak asing lagi dengan sholawat nariyah, sholawat ini sering terdengar setelah adzan sambil menunggu imam sholat datang.

Sholawat Nariyah atau yang dikenal juga dengan shalawat Tâziyah atau shalawat Tafrîjiyah adalah sholawat yang dikarang oleh Syekh Ahmad At-Tazi al-Maghribi (ulama besar asal dari Maroko). Selanjutnya diamalkan oleh ulama-ulama diseluruh belahan dunia tak terkecuali Mufti Mesir Syekh Ali Jumah yang memperoleh sanad sempurna dari gurunya Syaikh Abdullah al-Ghummar, seorang ahli hadits dari Maroko.

Berikut ini bacaan sholat nariyah tersebut.

Bacaan Sholawat Nariyah dan Keutamaan

Bacaan Sholawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan Wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shohbihii fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adada kulli ma’luumin laka”

Artinya : “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah, di curahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan bagiMu”

Doa Meminum Air Zam Zam

Sholawat Nariyah Mp3

Yang ingin mengafal sholawat nariyah sambil mendengarkannya, silahkan download mp3 sholawat nariyah dibawah ini.

Sholawat Nariyah Versi Ustad Jefri Al-Buchori >> Download

Sholawat Nariyah Versi Ustad Jefri Al-Buchori >> Download

Keutamaan Sholawat

  1. Diutamakan Pada Hari Kiamat

“ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.“ [HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra]

  1. Diberikan Pengampunan Dosa

“Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca shalawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut.” [HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani].

  1. Diangkat 10 Derajat dan Dihapus 10 Keburukan

Sholawat 1 kali saja sudah akan diangkat 10 derajat orang tersebut dan dihapuskan 10 kali kesalahan.

Abas bin Malik berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali da dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.“ [HR. An-Nasa’I no. 1296].

  1. Mendapatkan Keberkahan Turun Temurun

“Membaca shalawat untuk Rasulullah akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca shalawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya.”  [al-Hadist].

Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah

Demikianlah doa sholawat nariyah dan keutamaan membaca sholawat, semoga apa yang kami sampaikan bisa mendorong atau memotivasi teman-teman untuk memperbanyak membaca sholawat. Simak terus Kajiandoa.com karena kami selalu membagikan kajian-kajian yang insyaallah bermanfaat.

Tinggalkan komentar