Download Surat Al Alaq Mp3

Download Surat Al Alaq Mp3 – Surat Al Alaq merupakan surat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Mekkah. Surat ini merupaka Surat yang ke-96 yang ada didalam Al-Qur’an, dalam bahasa Arab memiliki arti “Segumpal Darah”, namanya diambil dari kata Al Alaq yang disebutkan pada ayat ke dua surat tersebut. Nama lain Surat Al Alaq adalah Iqra’ atau Al-Qalam, Surat ini memiliki 19ayat dan termasuk kedalam golongan surat Makkiyah atau yang turun dikota Mekkah.

Ayat ke-1 sampai ke-5 dari Surat Al Alaq merupakan ayat-ayat Al-Qur’an yang paling pertama diturunkan saat Nabi Muhammad SAW sedang melakukan tafakur (perenungan) di Gua Hira.

Dalam Syahih-Nya Bukhari meriwayatkan dari Aisyah RA yang artinya demikian, “Wahyu pertama yang sampai kepada Rasul adalah mimpi yang benar.” Beliau tidak pernah bermimpi kecuali hal itu datang seperti cahaya subuh. Setelah itu beliau senang ber khalwat. Beliau datang ke Gua Hira dan menyendiri disana beribadah selama beberapa malam, untuk itu beliau membawa bekal. Kemudian kembali ke Khadijah membawa bekal serupa.

Sampai akhirnya dikejutkan oleh datangnya wahyu, saat beliau berada di Gua Hira. Malaikat datang kepadanya dan berkata, “Bacalah!” Beliau menjawab, “Aku tidak bisa membaca”. lalu Rasulullah SAW berkata, “Lalu dia merangkul ku sampai terasa sesak dan melepaskanku. Ia berkata ‘Bacalah!’ lalu aku berkata, ‘Aku tidak bisa membaca’ Lalu dia merangkul ku sampai terasa sesak dan melepaskanku. Ia berkata

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu lah yang maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” [QS. Al Alaq: 1-5]

Dengan demikian maka awal surat ini menjadi ayat pertama yang turun di dalam Al-Qur’an sebagai rahmat da petunjuk bagi manusia. Wahyu pertama yang sampai kepada Nabi SAW adalah perintah membaca dan pembicaraan tentang pena dan ilmu. Tidakkah kaum muslimin, menjadikan ini sebagai pelajaran lalu menyebarkan ilmu dan menyebarkan panji nya. Sedangkan perintah pertama yang harus dilakukan adalah membaca dan menyebarkan ilmu. Sementara ayat berikutnya turun setelah itu, Surat pertama yang turun secara lengkap adalah Al-Fatihah.

Firman Allah SWT

“Sesungguhnya atas tanggungan kami lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.” [Al-Qiyamah: 17].

“Kami akan membacakan (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) maka kamu tidak akan lupa.” [Al-A’la: 6]

Bacalah dengan nama Tuhanmu yang maha mulia dan mengajarkan manusia untuk saling memahami dengan pena, meski jarak dan masa mereka sangat jauh. Ini merupakan penjelasan tentang salah satu indikasi kekuasaan dan ilmu (Manusia).

“Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Allah SWT memberikan insting dan kemampuan berpikir kepada manusia yang menjadikannya mampu mengkaji dan mencerna serta mencoba sampai ia mampu menyibak rahasia alam. Dengan demikian ia dapat menguasai alam dan menundukannya sesuai dengan yang diinginkan nya.

Surat Al Alaq Mp3

Pokok Bahasan Dalam Surat Al Alaq

  1. Didalam Surat Al Alaq mengandung perintah yang dengan lugas tentang anjuran membaca Al-Qur’an dan terdapat juga penjelasan mengenai Allah SWT yang telah menjadikan kalam sebagai media untuk mengembangkan segala jenis dari ilmu pengetahuan yang ada.
  2. Dalam Surat Al Alaq terdapat keterangan mengenai asal penciptaan manusia yakni dari segumpal darah. Dan dari segumpal darah tersebut terbentuklah manusia, kemudian Allah SWT memuliakan manusia tersebut dengan cara diajari untuk membaca, menulis dan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan. Tapi amat sangat disayangkan, manusia banyak diantara manusia bertindak diluar batasannya dan mereka lupa akan asal usulnya dan hal tersebut membuat manusia menjadi kufur terhadap nikmat yang telah Allah SWT anugerahkan.
  3. Dalam surat ini juga disebutkan dengan jelas mengenai ancaman yang akan diperoleh untuk orang orang kafir yang mencoba menghalang halangi kaum muslim untuk taat kepada perintah Allah SWT.

Download Surat Al Alaq Mp3 Suara Merdu

Dibawah ini kami membagikan kumpulan murottal Surat Al Alaq Mp3 suara merdu yang bisa kalian download dengan sangat mudah yaitu dengan cara klik link download yang sudah kami sediakan dan bisa kalian download dengan gratis.

Nama Qori'Link Download
Abdullah Al MatroodDownload
Abdur Rahman As-SudaisDownload
Aziz AliliDownload
Mishary Rashid AlafasyDownload
Muhammad AyyubDownload
Muhammad Taha Al JunaidDownload
Ahmed SaoudDownload
Saad al-GhamdiDownload
Salah BukhatirDownload
Yasser Al DossariDownload

Murottal lain : Download Surat Al Buruj Mp3

Keistimewaan Surat Al Alaq

Surat Al Alaq termasuk istimewa karena merupakan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini beberapa pelajaran dan nilai-nilai yang terkandung didalam terjemahan nya dan perlu menjadi bahan renungan setiap umat muslim.

1.Adanya seruan perintah untuk mencari ilmu

Diayat pertama ada perintah untuk membaca dan dapat diartikan sebagai perintah Allah SWT kepada umatnya untuk senantiasa mencari ilmu dimana pun berada. Manusia khususnya umat muslim memang wajib untuk terus menerus menimba ilmu sepanjang hayat tanpa ada batasan usia.

2.Penjelasan mengenai manusia sebagai makhluk paling sempurna

Diayat kedua surat ini disebutkan bahwa manusia diciptakan dari segumpal darah. Allah SWT memberikan penegasan bahwa manusia merupakan ciptaan-Nya yang paling baik dan sempurna dengan bentuk fisik dan akal yang luar biasa.

3.Menegaskan bahwa manusia diciptakan dalam keadaan tidak tahu apa-apa

Allah SWT menerangkan bahwa setiap manusia diciptakan-Nya dalam kondisi tidak tahu apa-apa sehingga sudah kewajiban manusia untuk mengisi dirinya dengan berbagai ilmu bermanfaat.

Itu tadi kumpulan murottal yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat. Dan semoga dengan audio ini bisa menjadi penyemangat untuk teman teman semua dalam mempelajari, mengajarkan serta mengamalkan apa yang ada di dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an. jangan lupa terus kunjungi kajiandoa.com karena kami selalu membagikan kumpulan murottal dalam website ini.

Tinggalkan komentar