Download Surat Al Buruj Mp3

Download Surat Al Buruj Mp3 – Surat Al Buruj dalam bahasa Arab berarti Gugusan Bintang, namanya diambil dari kata Al Buruj yang disebutkan pada ayat pertama surat tersebut.

Surat ini merupakan surat yang ke-85 yang terdapat didalam Al-Qur’an, yang memiliki 22 ayat dan termasuk kedalam golongan surat Makkiyah.

Surat Al Buruj menceritakan tentang sikap dan tindakan kaum kafir terhadap orang-orang yang menanggapi dan menerima seruan para Rasul-Nya.

Tentang makna Al Buruj terdapat beberapa pendapat dikalangan para ulama.

Imam Al-Qurtubi menyebutkan bahwasannya ada empat pendapat dikalangan para ulama tentang makna Al Buruj.

Karena perkara-perkara yang nampak dilihat oleh orang banyak dikatakan dengan istilah Al Buruj, istana dalam bahasa arab juga disebut Al Buruj, benteng dalam bahasa arab juga diungkapkan dengan Al Buruj, bintang-bintang dalam bahasa arab juga dikatakan dengan Buruuj, wanita yang menampakan kecantikan dan keindahan tubuhnya dinamakan wanita yang bertabarruj.

Tema utamanya adalah uraian tentang kekuasaan Allah SWT serta ancaman kepada mereka yang menganiaya kaum beriman kerena keimanan mereka.

Al-Biqa’i menulis bahwa tujuan utama surat ini adalah pembuktian tentang kuasa Allah SWT mewujudkan tujuan dari Al-Insyiqaq (keterbelahan langit), yakni hari kiamat. Tujuannya adalah memberi balasan serta ganjaran dan ini tercermin pada uraian akhir surat ini.

Menurut Sayyid Quthub, surat yang pendek ini memaparkan hakikat akidah serta dasar-dasar bagi penghayatan iman. Ia memaparkan persoalan-persoalan sangat agung yang bersinar darinya aneka cahaya yang sangat kuat lagi terpancar serta sangat jauh dibalik makna dan hakikat-hakikat yang diungkapkan oleh redaksinya hingga hampir setiap ayat bahkan setiap kata pada satu ayat membuka satu pintu hakikat menuju alam yang sangat luas.

Berita tentang pembalasan itu ditekan kan Allah SWT dengan bersumpah menyangkut empat hal:

  1. Langit yang mempunyai gugusan atau bintang-bintang itu sendiri yang demikian besar bagaikan istana-istana di langit.
  2. Hari yang dijanjikan, yakni hari pembalasan.
  3. Yang menyaksikan peeristiwa yang dahsyat yakni hari pembalasan atau saat penganiayaan yang dialami oleh orang-orang yang beriman.
  4. Peristiwa dahsyat/kejam yang di saksikan.

Demi hal-hal agung dan dahsyat itu Allah SWT berjanji bahwa dia pasti akan memberi balasan kepada semua yang menganiaya orang-orang beriman, sebagaimana yang telah dilakukan-Nya terhadap para pendurhaka masa lampau, dan demi hal-hal yang disebut itu pasti juga semua manusia akan dibangkitkan untuk mempertanggungjawabkan amal-amal mereka.

Download Surat Al Buruj Mp3

Download Surat Al Buruj Mp3 Suara Merdu

Dibawah ini kami membagikan kumpulan murottal Surat Al Buruj Mp3 suara merdu yang bisa kalian download dengan cara sangat mudah yaitu tinggal klik link download dan bisa kalian download dengan gratis.

Nama Qori'Link Download
Abdullah Ali JabirDownload
Abdur Rahman As-SudaisDownload
Aziz AliliDownload
Mishary Rashid AlafasyDownload
Muhammad Abdul KareemDownload
Hani AbdallahDownload
Saad Al-GhamdiDownload
Salah Al BudairDownload
Muhammad Taha Al JunaidDownload
Yasser Al DossariDownload

Murottal Lain : Download Surat At Tin Mp3

Pokok Bahasan Surat Al Buruj

  1. Di dalam Surat Al Buruj terdapat keterangan mengenai bukti-bukti dari ke-Esaan Allah SWT dan jaminan akan kemurnian Al-Qur’an oleh Allah SWT, dan surat ini juga memberikan isyarat pada Nabi Muhammad SAW bahwasannya kelak orang-orang yang beriman akan memperoleh kemenangan dan orang-orang kafir akan mendapatkan azab yang sangat pedih.
  2. Disebutkan juga bahwasannya surat ini menjelaskan seperti apa sikap dari orang-orang kafir kepada orang-orang yang menerima akan seruan Nabi dan Rasul dan dicontohkan dengan beberapa contoh yang pernah terjadi dimasa silam, seperti kisah di azabnya untuk kaum Tsamud dan Firaun.

Itu tadi daftar  murottal yang bisa kami bagikan dalam kesempatan kali ini, semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermafaat dari apa yang kita pelajari. jangan lupa terus kunjungi kajiandoa.com karena masih banyak murottal yang akan kami bagikan di website ini.

Tinggalkan komentar