Tata Cara Sholat Tahajud : Niat, Doa dan Keutamaan

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Tata Cara Sholat Tahajud : Niat, Doa dan Keutamaan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saudara ku yang semoga selalu diberkahi dengan kebaikan, pada kesempatan kali ini kajiandoa.com akan menyampaikan salah satu ibadah sunnah yang memiliki ke istimewaan tersendiri, ibadah tersebut yaitu Sholat Tahajud.

Sholat sunnah yang identik dengan kata “seperti tiga malam” ini merupakan ibadah sunnah muakkad yang memiliki banyak ke istimewaan, fadilah dan juga hikmahnya. Bagaimana tidak, untuk mgengerjakan sholat tahajud seseorang harus terbangun dari tidunya sedangkan ada jutaan orang yang terlelap oleh tidur.

Tidak heran jika orang-orang yang mampu istikomah menjalakan sholat tahajud akan mendapatkan kemulian dunia dan akhirat. (simak keutaman sholat tahajud dibawah)

Waktu mengerjakan sholat sunnah malam dimulai setelah waktu sholat isya’ hingga menjelang subuh. Waktu paling utama untuk mengerjakan sholat malam yaitu sepertiga malam yang akhir.

Selain sholat sunnah tahajud, ada beberapa sholat sunnah yang bisa dikejakan pada waktu malam hari diantaranya sholat hajat, sholat witir, sholat taubat, shalat tasbih, sholat istikharah dan shalat tarawih.

Semua sholat sunnah malam dikerjakan dengan jumlah minimal 2 rakaat 1 salam, kecuali sholat witir yang dikerjakan minimal 1 rakaat salam.

Baca juga : Tata Cara Sholat Dhuha : Waktu, Niat, Doa dan Keutamaan

Syarat Sholat Tahajud Paling Utama

Sebelum mengerjakan Sholat Tahajud, ada beberapa syarat yang harus kalian ketahui antara lain :

1. Dikerjakan di Malam Hari

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah malam, jadi hanya bisa dikerjakan pada malam hari. Dimulai setelah waktu isya’ sampai menjelang subuh. Waktu paling utama untuk menunaikan sholat tahajud yaitu seperti tiga malam akhir antanra jam 1 malam hingga menjelang subuh.

2. Tidur Terlebih Dahulu

Syarat selanjutnya untuk menunaikan Sholat Tahajud yaitu harus tidur terlebih dahulu, walaupun hanya sebentar saja. Jadi kita harus tidur dahulu sebelum mengerjakan sholat tahajud.

3. Dikerjakan Secara 2 Rakaat

Sholat Tahajud ini dikerjakan minimal 2 rokaat salam. Untuk batas maksimal rokaat yang bisa dikerjakan tidak terbatas, seihklas kita menunaikannya.

Demikianlah syarat untuk menunaikan ibadah sholat tahajud disamping syarat utama mengerjakan ibadah.

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

Dalam menjalankan ibadah, niat merupakan pokok utama. Jika kita salah niat, maka amal ibadahnya pun tidak akan sah. Menjalankan sholat tahajud juga diperlukan niat, adapun lafadz niat sholat tahajud, yaitu :

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Usholli sunnatat tahajjudi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa”

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala

 Tata Cara Sholat Tahajud

  1. Membaca niat sholat tahajud (seperti yang telah tertulis di atas) lalu melakukan Takbiratul Ihram (mengucapkan Allahuakbar sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga),
  2. Membaca doa iftitah dilanjut surah Al Fatihah lalu membaca surat-surat pendek Al-Quran seperti Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq atau surat lain dalam Al Quran,
  3. Langkah selanjutnya lakukan sholat pada umumnya seperti rukuk, sujud, duduk diatara 2 sujud dan rakaat selanjutnya sama dengan rakaat pertama (kecuali doa iftitah),
  4. Tahap terakhir lakukan tahiyat akhir dan salam. Setelah salam disunahkan membaca wirid, istigfar, tasbih, sholawat, tahmid, dan membaca doa sholat tahajud.

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud Beserta Artinya

“Allahahumma lakal hamdu angta qayyimus samaawaati wal ardhi wamangfiihinna walakal hamdu angta malikussamaawaati wal ardhi wamangfiihinna, walakal hamdu angta nuurus samaawaati wal ardhi wamang fiihinna, walakalhamdu angta haqqu, wa wadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, wa qauluka haqqun, waljannatu  haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haqqun, wassaa’atu haqqun, Allaahumma laka asalamtu, wabika aamangtu, wa alaika tawakkaltu, wa alaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maaqaddamtu, wamaa akh khartu, wamaa asrartu, wamaa a’langtu, wamaa angta  a’lamu bihi minnii, angtal muqaddimu, wa angtal mu’akh khiru, laa ilaaha illaa angta, walaa haula walaa quwwata illaabillaah.”

Artinya: “Wahai allah, milikmulah segala puji, engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji,  engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk  yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah yang hak benar janjimulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataanmu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada, wahai allah hanya kepadamulah aku berserah diri, hanya kepadamulah aku beriman, hanya kepadamulah aku bertawakkal, hanya kepadamulah aku kembali, hanya denganmulah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadamulah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir, tak ada tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud Sesuai Hadits

Seperti yang kami sebutkan diatas, bahwa sholat sunnah tahajud memiliki banyak keistimewaan. Beberapa keistimewaan tersebut yaitu :

1. Mendapat Kedudukan Terpuji

Sebagaimana firman Allah yang terkandung didalam Surat Al Isra Ayat 79, yang artinya :

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al – Isra, Ayat 79) ”.

2. Waktu Mustajab

Waktu seperti tiga malam merupakan waktu yang tepat untuk berdoa, sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya :

“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

3. Tergolong Orang Shaleh

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi :

“Hendaklah kalian mengerjakan Shalat Malam karena Shalat Malam itu kebiasan orang – orang Shaleh sebelum kalian, ibadah yg mendekatkan diri kepada Tuhan kalian. Serta sebagai penutup kesalahan dan penghapus dosa (Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi) ”.

4. Sebaik – baiknya Sholat Sunnah

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْـدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ.

“Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

5. Sebab Masuk Kedalam Surga

Istikomah mengerjakan Sholat Sunnah Malam merupakan salah satu sebab seseorang bisa masuk Surga. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :

“Wahai Manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali silahturahmi (tali kasih), sholat malamlah disaat orang – orang terlelap (tidur), maka masuklah kedalam Surga dengan Selamat (HR. Al Hakim, Ibnu Majah dan At Tirmidzi) “.

Demikialah keutamaan sholat tahajud, semoga dengan keutamaan tersebut bisa memotivasi kita untuk senantiasa menunaikan sholat malam terutama tahajud. Namun perlu di ingat bahwa setiap ibadah harus di niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Semoga penyampaian kami tentang tata cara sholat tahajud pada artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada salah mohon maaf dan kami memohon ampun kepada Allah dan silahkan dikoreksi serta tinggalkan komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar